Kapasitas Memori Flashdisk Tidak Sama dengan Tulisannya?

11:38 PM
Mungkin diantara kalian pernah atau baru saja mengalami pengalaman yang juga pernah saya alami. Yaitu mendapati bahwa kapasitas dari Flashdisk yang kita beli ternyata tidak sama dengan yang tertera di kemasan. Setelah kita colokkan ke komputer dan melihat kapasitasnya, loh kok nggak sama? kok kapasitasnya berkurang? Padahal baru pertama kali dicolokkan ke komputer dan belum digunakan untuk transfer data sedikitpun. Kok kaya gini ya?

Beli Kartu Memori 8 gb kok cuma berisi 7,3 gb?
Kapasitas Flashdisk Tidak Sama dengan Tulisan
Sekedar bercerita pengalaman saja, dulu hal seperti yang ditulis di atas pernah saya alami. Waktu itu saya masih kelas 2 SMP dan itu adalah pertama kali saya kenal dengan flashdisk dan akhirnya saya pun membelinya. Waktu itu flashdisk yang saya beli berkapasitas 4 GB, yang saya ketahui dari tulisan pada kemasannya. Pada saat itu kapasitas 4 GB untuk flashdisk terbilang sudah lumayan besar.

Yang membuat saya agak heran adalah saat saya mencoba mengecek kapasitasnya ternyata kapasitasnya tidak sesuai dengan yang tertera pada kemasannya, yaitu tertulis 4 GB. Yang tertera di layar komputer saya adalah hanya 3,7 GB saja. Kemana yang 0,3 GB? Apakah ini adalah kecacatan? atau flashdisk saya sudah terinfeksi virus? atau malah dari pabrik pembuatnya yang sengaja mengurangi kapasitasnya? Begitu lah kira-kira pertanyaan yang muncul di pikiran saat itu.

Singkat cerita akhirnya saya menemukan juga jawabannya, secara tidak sengaja saya membaca sebuah tulisan di internet mengenai sebab musabab dari masalah ini. Lalu apa yang menyebabkan kapasitas flashdisk dapat berbeda dengan yang tertulis? ini lah yang akan saya coba untuk share kan kepada sahabat-sahabat semua. 

Ternyata ini terjadi karena perbedaan metode perhitungan pabrik dengan perhitungan komputer. Pabrik menggunakan metode pehitungan desimal, sedangkan pada komputer memakai metode perhitungan binari. Perlu diketahui bahwa bahasa mesin komputer tidak mengenal hitungan desimal. Jadi dari perbedaan metode perhitungan ini menyebabkan terjadinya perbedaan jumlah kapasitas dari flashdisk itu sendiri.

Di bawah ini saya tulis contoh perbedaan dari perhitungan dengan desimal dan juga perhitungan binari.

Perhitungan Desimal
  • 1 kilobyte     = 1.000 byte
  • 1 megabyte   = 1.000.000 byte
  • 1 gigabyte     = 1.000.000.000 byte
  • 1 terabyte     = 1.000.000.000.000 byte
  • 1 petabyte    = 1.000.000.000.000.000 byte
  • dan seterusnya
Perhitungan binari 
  • 1 kilobyte      = 1,024 byte
  • 1 megabyte    = 1,048,576 byte
  • 1 gigabyte      = 1,073,741,824 byte
  • 1 terabyte      = 1,099,511,627,776 byte
  • 1 petabyte     = 1,125,899,906,842,624 byte
  • dan seterusnya

Jadi Flashdisk 4 GB dari pabrik berarti sama dengan 4.000 MB atau 4.000.000 KB. (dengan hitungan desimal)

Jika dihitung oleh komputer yang berarti menggunakan hitungan binari, maka :
4.000.000 : 1,048,576 = 3,8 GB. Itu menurut hitungan binari pada komputer. 

Kemudian dari dari kapasitas tersebut, ada sedikit ruang yang digunakan oleh file sistem untuk mengontrol bagaimana cara menyimpan file dan membaca file. Nah lalu yang tersisa untuk kita gunakan menjadi sekitar 3,7 GB saja.

Perhitungan ini tidak hanya berlaku untuk flashdisk saja, tapi juga untuk segala memori penyimpanan seperti hardisk, micro SD, dan lain sebagainya. Jadi sekarang untuk kamu yang penasaran tentang hal ini, jadi paham kan sekarang? Ternyata itu di sebabkan karena perbedaan satuan metode hitung pabrik dan sistem komputer.

Oke itu dulu untuk artikel kali ini yang membahas tentang Kapasitas Memori Flashdisk Tidak Sama dengan Tulisannya. Jadi jangan salahkan siapapun ya atas ketidak lengkapan kapasitas memori kamu, hehe. 

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya. Apabila ada tanggapan atau pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya. Baca juga artikel-artikel lainnya yang menarik dan bermanfaat.
Bagikan juga kepada teman-teman kamu lewat share button dibawah postingan ini, agar mereka nggak ketinggalan informasi ini. Thanks^^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

13 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
January 14, 2016 at 7:05 AM delete

wah, baru tau saya...
Gua subs ya... (y)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 14, 2016 at 7:09 AM delete

bener gan berita ini ternyata bukan hanya saya saja yang kecewa ternyata yg lain pun sama

Reply
avatar
January 14, 2016 at 7:25 AM delete

wahhh ternyata gitu gan. baru tau ane

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 14, 2016 at 7:53 AM delete

iya tuh gan kalo ane beli fd 4 gb pas ane cek cuman 3,7 gb ato gak 3,6 gb

Reply
avatar
mim
AUTHOR
January 14, 2016 at 8:09 AM delete

punya ane 16GB malah 14GB gan

Reply
avatar
Lazuva
AUTHOR
January 14, 2016 at 12:42 PM delete

iya gan, normal itu. cara hitungnya kaya yang ane jelasin diatas tadi

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 14, 2016 at 8:34 PM delete

hhhe baru tau gan,,tapi hampir semua memory gt hhe

by dedi mitsubishi

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 16, 2016 at 12:03 PM delete

Thanks gan infonya ,sangat bermanfaat

Reply
avatar
Rifki LOEN
AUTHOR
January 18, 2016 at 5:14 PM delete

thanks gan informasinnya , http://nyanonta.blogspot.co.id/ kunjungi juga gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 18, 2016 at 5:43 PM delete

oh gitu.. baru tau ane gan, terima kasih infonya gan

Reply
avatar
5
AUTHOR
January 18, 2016 at 7:18 PM delete

Mantap Gan Artikelnya isinya sangat bermanfaat sekali :)

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
January 18, 2016 at 9:02 PM delete

owh gitu tah penjelasannya gan, pntes ajah ane suka heran kenapa gitu tiap beli flasdish atau mmc kapsitasnya selalu gak sama

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 18, 2016 at 9:57 PM delete

Kalau Flashdisk ngakk ada yang kapasitasnya sama sesuai tulisan seperti flashdisk saya 16 GB tapi kapasitas sebenarnya 14.6 GB

Reply
avatar